Sabtu, 12 Januari 2013


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah             : SMA Negeri 1 Losarang
Mata Pelajaran            : Biologi
Kelas / Semester          : X / 2
Standar Kompetensi   : 1. Memahami manfaat keanekaragaman hayati
Kompetensi Dasar       : 3.1 mendeskripsikan konsep keanekaragaman gen, jenis, ekosistem     
                                            melalui kegiatan pengamatan.
Alokasi Waktu            : 2x45 menit

A.  Indikator
1.    Mendeskripsikan gejala keanekaragaman hayati
2.    Menyimpulkan pengertian keanekaragaman hayati
3.    Menyebutkan 4 contoh keanekaragaman hayati tingkat gen
4.    Menyebutkan 5 contoh keanekatagaman hayati tingkat jenis
5.    Menyebutkan 3 contoh keanekaragaman hayati tingkat ekosistem
B.  Tujuan Pembelajaran
1.    Setelah melakukan pengamatan dan diskusi, siswa dapat mendeskripsikan gejala keanekaragaman hayati.
2.    Setelah melakukan pengamatan dan diskusi, siswa dapat menyimpulkan pengertian keanekaragaman hayati.
3.    Setelah melakukan pengamatan dan diskusi, siswa dapat menyebutkan 4 contoh keanekaragaman hayati tingkat gen.
4.    Setelah melakukan pengamatan dan diskusi, siswa dapat menyebutkan 5 contoh keanekaragaman hayati tingkat jenis.
5.    Setelah melakukan pengamatan dan diskusi, siswa dapat menyebutkan 3 contoh keanekaragaman hayati tingkat ekosistem.
C.  Matri Pembelajaran
Keanekaragaman hayati adalah keseluruhan variasi berupa bentuk, penampilan, jumlah, dan sifat yang dapat ditemukan pada makhluk hidup. Keanekaragaman hayati dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor genetik dan faktor lingkungan.
Secara garis besar keanekaragaman hayati dibedakan menjadi 3 tingkat, yaitu tingkat gen, tingkat jenis dan tingkat ekosistem.
1.      Keanekaragaman tingkat gen
Keanekaragaman tingkat gen menyebabkan variasi antarindividu sejenis. Gen adalah materi dalam kromosom makhluk hidup yang mengendalikan sifat organisme. Contoh keanekaragaman tingkat gen adalah pada jenis mangga : mangga cengkir, mangga harum manis, mangga gedong, mangga kweni, dll.
2.      Keanekaragaman tingkat jenis
Keanekaragaman pada tingkat ini mudah diamati karena perbedaannya sangat mencolok. Contohnya adalah pohon kelapa, kurma, sagu.
3.      Keanekaragaman tingkat ekosistem
Ekosistem merupakan hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkugannya. Ekosistem terdiri dari faktor biotik dan faktor abiotik yang memiliki berbagai variasi. Oleh karena itu ekosistem yang terdiri dari faktor biotik dan abiotik bervariasi pula. Contohnya adalah ekosistem pantai, ekosistem air tawar, ekosistem padang rumput, dll.
D.  Metode dan Pendekatan
1.    Metode              : Pengamatan dan Diskusi Kelompok
2.    Pendekatan        : Inkuiri
E.   Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan awal (15 menit)
·      Berdo’a
·      Mengecek kehadiran siswa
·      Apersepsi : pada materi sebelumnya kita telah mempelajari tentang jamur. Jamur terdiri dari berbagai variasi bentuk, ukuran dan warna. Variasi itulah yang menyebabkan terjadinya keanekaragaman hayati.
·      Motivasi : sepanjang perjalanan ke sekolah, ada berapa keanekaragaman hayati yang kalian jumpai ?
·      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
·      Guru membagi siswa menjadi enam kelompok
·      Guru membagikan lembar kerja siswa
Kegiatan inti (60 menit)
1)   Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·      Mesing-masing kelompok melakukan studi pustaka atau membaca dari sumber yang relevan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·      Guru meminta siswa untuk mengamati keanekaragaman hayati yang ada di lingkungan sekolah. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·      Siswa mengamati keanekaragaman hayati di lingkungan sekolah. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
2)   Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi :
·      Siswa dalam kelompok berdiskusi untuk menjawab soal lembar kerja siswa. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·      Guru dan siswa berdiskusi untuk menyimpulkan pengertian keanekaragaman hayati dan menentukan tingkat keanekaragaman hayati. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
3)   Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi :
·      Guru memberikan penegasan tentang pengertian keanekaragaman hayati dan tingkatan-tingkatan keanekaragaman hayati. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Kegiatan penutup (15 menit)
·      Siswa mengumpulkan lembar jawaban LKS.
·      Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya.
·      Guru bersama siswa menyimpulkan pelajaran.
·      Guru memberikan tugas pekerjaan rumah.
·      Guru memberitahu materi berikutnya.
F.   Sumber dan Media Pembelajaran
·      Buku Biologi SMA kelas X Erlangga
·      Berbagai makhluk hidup yang ada di sekitar sekolah
·      Lembar kerja siswa
G.  Penilaian
·      Laporan hasil pengamatan berupa lembar kerja siswa (terlampir)
·      Soal tugas (Pekerjaan Rumah)
Indikator  pencapaian kompetensi
Teknik penilaian
Bentuk instrumen
Instrumen / soal
Kriteria penilaian
·  Mendeskripsikan gejala keanekaragaman hayati
·  Menyimpulkan pengertian keanekaragaman hayati
·  Menyebutkan 4 contoh keanekaragaman hayati tingkat gen
·  Menyebutkan 5 contoh keanekatagaman hayati tingkat jenis
·  Menyebutkan 3 contoh keanekaragaman hayati tingkat ekosistem
Tes tulis
Tes uraian
1.  Jelaskan pengertian keanekaragaman hayati !
2.  Jelaskan istilah di bawah ini:
a.       Gen
b.      Jenis
c.       Ekosistem
3.  Sebutkan 4 contoh keanekaragaman hayati tingkat gen !
4.  Sebutkan 6 contoh keanekaragaman hayati tingkat jenis !
5.  Sebutkan 3 contoh keanekaragaman hayati tingkat ekosistem !
6.  Sebutkan 2 komponen ekosistem disertai masing-masing 3 contoh.
@ 1 x 10 = 10

@ 3 x 5 = 15




@ 4 x 5 = 20


@ 6 x 5 = 30


@ 3 x 5 = 15


@ 2 x 5 = 10
                                                                                                            Kriteria penilaian = 100
Kunci jawaban :
1.      Keanekaragaman hayati adalah keseluruhan variasi berupa bentuk, jumlah, sifat, penampilan yang dapat ditemukan pada makhluk hidup.
2.      Pengertian dari :
a.       Gen, merupakan materi yang ada dalam kromosom makhluk hidup yang mengendalikan sifat organisme.
b.      Jenis atau spesies, merupakan organisme yang sama yang dapat saling membuahi satu sama lain namun tidak dengan kelompok yang lain.
c.       Ekosistem, merupakan hubungan timbal balik makhluk hidup dengan lingkungannya.
3.      4 contoh keanekaragaman hayati tingkat gen.
1)      Mangga gedong
2)      Mangga harum manis
3)      Mangga cengkir
4)      Mangga kweni
4.      6 contoh keanekaragaman hayati tingkat jenis
1)      Pohon kelapa
2)      Pohon kurma
3)      Pohon sagu
4)      Pohon mangga
5)      Pohon nangka
6)      Pohon salak
5.      3 contoh keanekaragaman hayati tingkat ekosistem
1)      Ekosistem padang rumput
2)      Ekosistem pantai
3)      Ekosistem gurun pasir
6.      2 komponen ekosistem
1)      Biotik (makhluk hidup)
Contoh : semut, lalat.
2)      Abiotik (benda mati)
Contoh : batu, pasir.

                                                                                              Losarang, 12 Januari 2013
                        Mengetahui
                      Guru Pamong,                                                      Guru Mata Pelajaran,


                     Rosyani, S.Pd.                                                     Jejen Ahmad Zarkasyi
                    NIP.                                                                      NPM. 842050109137

Tidak ada komentar:

Posting Komentar