RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama
Sekolah : SMA Negeri 1
Losarang
Mata
Pelajaran : Biologi
Kelas
/ Semester : X / 2
Standar
Kompetensi : 1. Memahami manfaat
keanekaragaman hayati
Kompetensi
Dasar : 3.1 mendeskripsikan konsep
keanekaragaman gen, jenis, ekosistem
melalui kegiatan pengamatan.
Alokasi
Waktu : 2x45 menit
A. Indikator
1. Mendeskripsikan gejala keanekaragaman hayati
2. Menyimpulkan pengertian keanekaragaman
hayati
3. Menyebutkan
4 contoh keanekaragaman hayati tingkat gen
4. Menyebutkan
5 contoh keanekatagaman hayati tingkat jenis
5. Menyebutkan
3 contoh keanekaragaman hayati tingkat ekosistem
B. Tujuan
Pembelajaran
1. Setelah
melakukan pengamatan dan diskusi, siswa dapat mendeskripsikan gejala
keanekaragaman hayati.
2. Setelah
melakukan pengamatan dan diskusi, siswa dapat menyimpulkan pengertian
keanekaragaman hayati.
3. Setelah
melakukan pengamatan dan diskusi, siswa dapat menyebutkan 4 contoh
keanekaragaman hayati tingkat gen.
4. Setelah
melakukan pengamatan dan diskusi, siswa dapat menyebutkan 5 contoh
keanekaragaman hayati tingkat jenis.
5. Setelah
melakukan pengamatan dan diskusi, siswa dapat menyebutkan 3 contoh
keanekaragaman hayati tingkat ekosistem.
C. Matri
Pembelajaran
Keanekaragaman hayati adalah keseluruhan
variasi berupa bentuk, penampilan, jumlah, dan sifat yang dapat ditemukan pada
makhluk hidup. Keanekaragaman hayati dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor
genetik dan faktor lingkungan.
Secara garis besar keanekaragaman hayati
dibedakan menjadi 3 tingkat, yaitu tingkat gen, tingkat jenis dan tingkat
ekosistem.
1. Keanekaragaman
tingkat gen
Keanekaragaman tingkat gen menyebabkan
variasi antarindividu sejenis. Gen adalah materi dalam kromosom makhluk hidup
yang mengendalikan sifat organisme. Contoh keanekaragaman tingkat gen adalah
pada jenis mangga : mangga cengkir, mangga harum manis, mangga gedong, mangga
kweni, dll.
2. Keanekaragaman
tingkat jenis
Keanekaragaman pada tingkat ini mudah
diamati karena perbedaannya sangat mencolok. Contohnya adalah pohon kelapa,
kurma, sagu.
3. Keanekaragaman
tingkat ekosistem
Ekosistem merupakan hubungan timbal
balik antara makhluk hidup dengan lingkugannya. Ekosistem terdiri dari faktor
biotik dan faktor abiotik yang memiliki berbagai variasi. Oleh karena itu
ekosistem yang terdiri dari faktor biotik dan abiotik bervariasi pula.
Contohnya adalah ekosistem pantai, ekosistem air tawar, ekosistem padang rumput,
dll.
D. Metode
dan Pendekatan
1. Metode : Pengamatan dan Diskusi Kelompok
2. Pendekatan : Inkuiri
E. Langkah-Langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan awal (15
menit)
· Berdo’a
· Mengecek
kehadiran siswa
· Apersepsi
: pada materi sebelumnya kita telah mempelajari tentang jamur. Jamur terdiri
dari berbagai variasi bentuk, ukuran dan warna. Variasi itulah yang menyebabkan
terjadinya keanekaragaman hayati.
· Motivasi
: sepanjang perjalanan ke sekolah, ada berapa keanekaragaman hayati yang kalian
jumpai ?
· Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran
· Guru
membagi siswa menjadi enam kelompok
· Guru
membagikan lembar kerja siswa
Kegiatan inti (60
menit)
1) Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi :
· Mesing-masing
kelompok melakukan studi pustaka atau membaca dari sumber yang relevan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja
keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan);
· Guru
meminta siswa untuk mengamati keanekaragaman hayati yang ada di lingkungan
sekolah. (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai
prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
· Siswa
mengamati keanekaragaman hayati di lingkungan sekolah. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin
tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
2) Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi :
· Siswa
dalam kelompok berdiskusi untuk menjawab soal lembar kerja siswa. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja
keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan);
· Guru
dan siswa berdiskusi untuk menyimpulkan pengertian keanekaragaman hayati dan
menentukan tingkat keanekaragaman hayati.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu,
Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
3) Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi :
· Guru
memberikan penegasan tentang pengertian keanekaragaman hayati dan
tingkatan-tingkatan keanekaragaman hayati.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu,
Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Kegiatan penutup (15
menit)
· Siswa
mengumpulkan lembar jawaban LKS.
· Guru
memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya.
· Guru
bersama siswa menyimpulkan pelajaran.
· Guru
memberikan tugas pekerjaan rumah.
· Guru
memberitahu materi berikutnya.
F. Sumber
dan Media Pembelajaran
· Buku
Biologi SMA kelas X Erlangga
· Berbagai
makhluk hidup yang ada di sekitar sekolah
· Lembar
kerja siswa
G. Penilaian
· Laporan
hasil pengamatan berupa lembar kerja siswa (terlampir)
· Soal
tugas (Pekerjaan Rumah)
Indikator
pencapaian kompetensi
|
Teknik penilaian
|
Bentuk instrumen
|
Instrumen / soal
|
Kriteria penilaian
|
· Mendeskripsikan
gejala keanekaragaman hayati
· Menyimpulkan
pengertian keanekaragaman hayati
· Menyebutkan 4
contoh keanekaragaman hayati tingkat gen
· Menyebutkan 5
contoh keanekatagaman hayati tingkat jenis
· Menyebutkan 3
contoh keanekaragaman hayati tingkat ekosistem
|
Tes tulis
|
Tes uraian
|
1. Jelaskan pengertian
keanekaragaman hayati !
2. Jelaskan istilah di bawah ini:
a. Gen
b. Jenis
c. Ekosistem
3. Sebutkan 4 contoh
keanekaragaman hayati tingkat gen !
4. Sebutkan 6 contoh
keanekaragaman hayati tingkat jenis !
5. Sebutkan 3 contoh keanekaragaman
hayati tingkat ekosistem !
6. Sebutkan 2 komponen ekosistem
disertai masing-masing 3 contoh.
|
@ 1 x 10 = 10
@ 3 x 5 = 15
@ 4 x 5 = 20
@ 6 x 5 = 30
@ 3 x 5 = 15
@ 2 x 5 = 10
|
Kriteria
penilaian = 100
Kunci
jawaban :
1. Keanekaragaman
hayati adalah keseluruhan variasi berupa bentuk, jumlah, sifat, penampilan yang
dapat ditemukan pada makhluk hidup.
2. Pengertian
dari :
a. Gen,
merupakan materi yang ada dalam kromosom makhluk hidup yang mengendalikan sifat
organisme.
b. Jenis
atau spesies, merupakan organisme yang sama yang dapat saling membuahi satu
sama lain namun tidak dengan kelompok yang lain.
c. Ekosistem,
merupakan hubungan timbal balik makhluk hidup dengan lingkungannya.
3. 4
contoh keanekaragaman hayati tingkat gen.
1) Mangga
gedong
2) Mangga
harum manis
3) Mangga
cengkir
4) Mangga
kweni
4. 6
contoh keanekaragaman hayati tingkat jenis
1) Pohon
kelapa
2) Pohon
kurma
3) Pohon
sagu
4) Pohon
mangga
5) Pohon
nangka
6) Pohon
salak
5. 3
contoh keanekaragaman hayati tingkat ekosistem
1) Ekosistem
padang rumput
2) Ekosistem
pantai
3) Ekosistem
gurun pasir
6. 2
komponen ekosistem
1) Biotik
(makhluk hidup)
Contoh
: semut, lalat.
2) Abiotik
(benda mati)
Contoh
: batu, pasir.
Losarang,
12 Januari 2013
Mengetahui
Guru
Pamong, Guru
Mata Pelajaran,
Rosyani, S.Pd. Jejen
Ahmad Zarkasyi
NIP. NPM. 842050109137